Header Ads

Cara Ampuh Membersihkan Virus Trojan Horse

Intro: Beberapa hari yang lalu rekan kerja saya mendapati masalah pada komputernya, kronologisnya: seperti biasa dia menyalakan komputer untuk aktivitas kerjanya dan selalu dimulai dengan men-scan komputernya dan apa yang terjadi? setelah antivirus (Avast) mendeteksi adanya virus dalam komputer tiba-tiba wallpaper hilang dan icon-icon / shortcut yang menghiasi desktop juga lenyap! karena terjadi kepanikan, dia me-restart komputernya namun tetap saja windows tidak menampakan wallpaper dan icon / shortcut yang biasa muncul di komputernya?? kemudian dia memanggil saya dan bertanya apa yang terjadi? Setelah saya mengintrogasi si komputer juga didapati semua Data di drive D kosong begitu juga pada system C juga kosong disamping itu juga muncul pesan error yang menyatakan bahwa "Drive Lost Data" (Fake Message Error). Tidak sampai disitu saja, program-program di "all program" juga lenyap dengan sempurna alias "empty". Apa yang terjadi??

Karena saya juga tidak pernah menemui kejadian tersebut di kehidupan saya, maka hal yang pertama saya lakukan adalah mencarinya di internet (Learnin By Googling) dan "Viola!" rupanya komputer tersebut telah menjadi medan perang Kuda Troya A.K.A Trojan Horse. Wew!! Kasus pertama saya dengan Trojan Horse. Mungkin juga yang pertama bagi Anda? :)

Bagi kawan-kawan yang mengalami hal yang serupa di atas / ciri-ciri komputer diserang oleh Virus Trojan Horse? Anda jangan panik atau takut data anda hilang di drive-drive data kesayangan Anda karena Virus Trojan Horse hanya menyembunyikan / Hidden Data Anda. kalau tidak percaya Anda bisa klik kanan pada drive Anda dan pilih properties! Viola, Disk Usage masih ada membuktikan bahwa Data / System Anda masih belum meninggalkan komputer Anda :)

Kemudian bagaimana cara menghapus Virus Trojan Horse / Kuda Troya ini? atau Antivirus apa yang bisa menghilangkan virus Trojan Horse ini? Baiklah terima kasih sebelumnya telah membaca artikel ini sampai detik ini :) berikut bagaimana saya bisa mengusir / menghilangkan / menghapus virus trojan ini dari komputer rekan kerja saya. Caranya adalah dengan Combofix, apa itu Combofix? Combofix adalah Freeware yang berguna untuk memperbaiki system dengan menghilangkan aktivitas-aktivitas di dalam komputer yang mencurigakan, bahaya atau merusak system komputer Anda dan memang Freeware ini benar-benar membantu khususnya apabila Anda mendapati Virus Trojan Horse menghampiri komputer Anda :)

Setelah Anda menjalankan program ini nanti akan keluar satu persatu apa saja yang lenyap dari komputer Anda yang memang sengaja di Hidden oleh  Virus Trojan tersebut. Untuk download Freeware Combofix :











NB: Klik 2x untuk menjalankan Aplikasi ini
       Selama Program berjalan jangan coba "men-close / menutup"
       Program finish / selesai dengan menampilkan Log / report berupa notepad

Oh iya hampir lupa kalau virus trojan ini masuk ke dalam komputer rekan kerja saya karena sebelumnya dia masuk dalam situs jebakan batman, kemungkinan besar dari situ karena saya juga menanyakan apakah dia mendownload dan menginstall suatu program atau aplikasi di komputernya? jawabannya tidak sama sekali. Jadi kemungkinan dari situ. jadi berhati-hatilah dalam browsing kawan :)

(Memang cara penyebaran Virus Trojan Horse ini biasanya berupa malware atau aplikasi / software) berikut pengertian dari Virus Trojan Horse yang saya dapat dari id.Wikipedia.org

Trojan horse atau Kuda Troya atau yang lebih dikenal sebagai Trojan dalam keamanan komputer merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan (malicious software/malware) yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari Trojan adalah memperoleh informasi dari target (password, kebiasaan user yang tercatat dalam system log, data, dan lain-lain), dan mengendalikan target (memperoleh hak akses pada target).

Good Luck ya Kawan :) apabila membantu jangan lupa tinggalkan komentar / Testimoni di kolom komentar. Terima kasih :)

Tags: menghilangkan virus trojan horse, antivirus yang bisa mendeteksi / menghapus virus trojan, mengatasi virus trojan horse, gejala terserang virus trojan, cara ampuh menghapus virus trojan, all program is empty, shortcut dan wallpaper hilang, data kosong / hilang, mendelete virus trojan, cara membersihkan virus trojan horse.
Diberdayakan oleh Blogger.